Musyrif

Bila ada pertanyan: siapakah yang membangunkan anak-anak di asrama saat hari sudah subuh? Siapakah yang menjadi “orang tua” santri selama berada di pesantren? Siapakah yang bertanggung jawab menjaga akhlak santri dan membimbing mereka? Ketiga pertanyaan tersebut bisa dijawab dengan satu kata: Musrif.

Walau ketiga hal tersebut tidak sepenuhnya menjadi tanggung jawab seorang musrif, namun tetap saja peranannya paling besar di banding unsur-unsur lain di Islamic Boarding School. Tugas musrif tampaknya mudah, namun ternyata cukup berat. Orang tua sendir saja belum tentu bisa mengurusi anak-anaknya. Namun seorang musrif harus mengurusi anak-anak orang dalam jumlah yang cukup banyak, dengan sifat dan tabiat yang tidak sama.

Latar belakang santri yang kebanyakan dari keluarga berada juga membuat musrif semakin kewalahan. Santri-santri baru terkadang menampakkan sifat manjanya. Belum lagi banyak santri yang berasal dari keluarga yang mereka tidak kuasa lagi mengurusi anak-anaknya karena kebandelannya, atau karena kesibukan orang tuanya. Mereka umumnya susah diatur.

Di Al Multazam, diriku tidak ditunjuk sebagai musrif, sebab sudah menjadi wali kelas. Namun bukan berarti berlepas tangan dengan anak-anak yang dekat dengan asramaku. Sungguh, diri ini menyadari bahwa begitu banyak ladang amal di tempat ini. Aku yakin akan banyak pahala yang mengalir apabila amal sholeh yang dilakukan anak-anak adalah karena peran serta diri ini dalam membimbing mereka.

Tulisan ini kupersembahka untuk anak-anak OXIGEN (Santri AM angkatan 6) yang kamarnya berdekatan dengan kamarku.

“Bapak membangunkan kalian, menasehati, atau bahkan memarah kalian bukan tanpa tujuan. Bapak memang bukan musrif kalian. Namun bapak juga menaruh harapan besar, kalian –anak-anak yang dekat dengan bapak– kelak menjadi anak-anak yang sholeh”

About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s