SPP

Aku sempat terheran-heran ketka melihat website Al Multazam yang memperlihatkan rincian biaya menempuh pendidikan di sekolah itu. Bagaimana tidak? Orang tua santri harus mengeluarkan 700an ribu rupiah setiap bulannya ditambah uang masuk yang besarnya mencapai 8 juta-an. SPP sebesar itu nilainya sama dengan SPP di kampusku selama satu semester (6 bulan). Tidak hanya aku yang tercengang dengan angka itu. Beberapa anggota keluargaku yang sempat melihat angka itu pun tak henti-hentinya menggelengkan kepala.

Namun setelah aku kondisi para orang tua santri, uang 700-an ribu bukanlah hal yang berat bagi mereka. Maklum, sebagian besar mereka adalah berasal dari kalakangan menengah ke atas yang dating dari berbagai daerah di Indonesia. Barangkali mereka justru akan mengeluarkan uang lebih dari itu setiap bulannya bila saja sang anak tetap tinggal bersama mereka. Apalagi budaya hedonisme masa kini yang semakin gencar terdengar.

Cobalah renungkan. Bisa dihitung berapa pengeluaran orang tua untuk konsumsi anaknya, membelikan pulsa mereka, uang jajan, mainan, kursus2 bahasa, dan tetek bengek-tetek bengek lain yang biasa dimiliki oleh anak orang kaya saa mereka berada di rumahnya sendiri. Sedangkan di Al Multazam, konsumsi sudah disediakan sebanyak 3 kali sehari. Santri/siswa juga dilarang membawa handphone. Asrama pun sudah tersedia tanpa harus bingung mencari tempat kost. Bahkan fasilitas londry pun diberikan untuk pakaian luar santri. Jika orang tua mau dan berkeinginan untuk mendidik putranya agar hidup qona’ah, santri pun tak perlu diberikan uang jajan. Cukup diberikan uang untuk keperluan MCK dan kebutuhan yang sifatnya mendadak.

Pergaulan bebas yang semakin merajalela akhir akhir ini begitu mengkhawatirkan para orang tua.  Kondisi semacam itu jika ditambah dengan kesibukan sang orang tua akan berpotensi menyebabkan sang anak ikut terjerumus ke sana.  Rupanya banyak orang tua yang tidak ingin beresiko dengan membiarkan anak mereka masuk ke dunia hitam. Boarding School menjadi jawaban bagi para orang tua sibuk. Wajar jika satri di SIT Al Multazam terus bertambah.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s