Dampak Negatif Pacaran

Katakanlah kepada orang laki-laki yang beriman hendaklah mereka menahan pandangannya dan memelihara kemaluannya yang demikian itu adalah lebih suci bagi mereka. Sesungguhnya Allah maha mengetahui apa yang mereka perbuat. (Quran Surat An Nur ayat 30).

 Saudaraku, kuanggap kau sudah tahu tentang kharamnya berkhalwat (pacaran) dengan lawan jenis. Tulisan ini akan menjelaskan dampak negatif dari perbuatan tersebut. Smoga kau berusaha untuk meninggalkannya. Seperti hal-hal lain yang diharamkan dalam Islam—misalnya khomr, judi, dll—pacaran juga memiliki dampak negatif yang tidak kalah banyaknya. Berikut dampak negatif pacaran:

1. Mudah terjerumus ke perzinaan

Beberapa pelaku pacaran seringkali menyangkal tentang hal ini. Kata mereka, asalkan bisa menjaga hati, InsyaAllah tidak terjadi hal itu (waaah, perbuatan munkar kok pake InsyaAllah..). cobalah simak hadits ini:

 

“Tercatat atas anak Adam nasibnya dari perzinaan dan dia pasti mengalaminya. Kedua mata zinanya melihat, kedua teling zinanya mendengar, lidah zinanya bicara, tangan zinanya memaksa (memegang dengan keras), kaki zinanya melangkah (berjalan) dan hati yang berhazrat dan berharap. Semua itu dibenarkan (direalisasi) oleh kelamin atau digagalkannya.” (HR Bukhari).

 

Padahal engkau tahu, yang namanya orang pacaran, pasti ada hal-hal yang tidak dibenarkan dalam islam: memandang lawan jenis, berpegangan tangan, berduaan di tempat sepi, berciuman, hingga….ah, tak usah disebutkan. Bahkan meski pacarannya hanya sebatas lewat telpon, SMS atau chatting pun, hal tersebut sudah bisa memicu terjadinya zina hati.

Semua larangan-larangan tadi ada dalil shahihnya. Sebagai contoh, simaklah hadits ini:

Rasulullah saw. berpesan “Janganlah engkau ikuti padangan dengan padangan berikutnya, karena untukmu adalah padangan yang pertama, sedangkan selanjutnya bukan untukmu.” (HR. Ahmad) Dan hadits yang terkenal : ”Barang siapa yang beriman kepada Allah dan Hari Akhir, hendaklah tidak melakukan khalwat dengan seorang wanita yang tidak disertai oleh mahramnya karena sesungguhnya yang ketiga adalah setan.”

Tentang dampak negatif yang pertama ini tak perlu disangkal lagi. Tak terhitung lagi jumlah pemuda muslim yang benar-benar terjerumus dalam perzinaan—yang diawali dari aktivitas pacaran. Kalau sudah berzina, berarti ia telah melakukan dosa besar yang akan menyebabkan dampak-dampak buruk lainnya—baik yang ia rasakan di dunia maupun di akhirat.

2. Melemahkan Iman

Orang yang pacaran cenderung meletakkan rasa cinta kepada kekasihnya di atas rasa cinta kepada Sang Pencipta. Tak perlu mengelak ataupun mengiyakan, sebab pernyataan ini bisa dibuktikan dengan kualitas ibadah seseorang.  Jika kualitas ibadah seseorang menurun setelah mengalami jatuh cinta, itu artinya porsi kecintaannya kepada Allah berkurang. Ia jadi jarang ke Masjid, jarang membaca Al Quran, meninggalkan shalat sunnah, bahkan beberapa hafalannya hilang, serta banyak ibadah lain yang terlewatkan.

3. ‘melatih’ kemunafikan

Orang yang berpacaran itu seringkali menipu, berusaha agar pasangannya yakin bahwa ialah yang terbaik. Memang tidak semua.. tapi umumnya begitu. Ia akan menampakkan hal-hal yang baik di depan kekasihnya. Adapun hal-hal yang buruk sebagian besar ia sembunyikan. Sebagian orang ada yang sengaja menunjukkan beberapa keburukannya kepada kekasihnya sekedar untuk meraih simpati, mencari kesamaan, mendapatkan pemakluman, atau sebagai bumbu-bumbu romantisme belaka. Namun tidak jarang orang yang berpacaran mengatakan sesuatu  yang sebenarnya bertentangan dengan hati kecilnya.

4. Menjadikan panjang angan-angan.

Orang yang sedang jatuh cinta—pacaran—seringkali teringat dengan orang yang dicintainya itu. Lalu ia memikirkan sesuatu, berandai-andai setiap waktu—tentang apa yang akan dilakukan nanti saat bertemu, tentang apa yang akan diberikan saat itu, tentang kata-kata yang akan diucapkan sebagai bumbu, dan masih banyak lagi. Padahal ummat Islam dilarang berpanjang angan-angan.

5. Mengurangi produktivitas

Jika tidak pacaran, seorang siswa tentunya bisa melakukan aktivitas lain yang lebih produktif; misal membuat karya seni, menulis artikel, cerpen, puisi, karya tulis, mengerjakan PR, atau yang lainnya. Namun seringkali produktivitasnya turun lantaran ia berpacaran.

6. Menjadikan  hidup boros

orang yang pacaran akan selalu berkorban untuk pacarnya. Bahkan uang yang seharusnya untuk ditabung bisa habis untuk bersenang-senang: membelikan hadiah pacarnya, membeli pulsa, mentraktir, nonton Film, dan yang lainnya.

7. Akan melemahkan daya kretaifitas dan menyulitkan konsentrasi, karena pikiran mereka hanya tertuju kepada pacarnya

8. Akan menyebabkan terlambatnya studi. Banyak fakta yang menyebutkan bahwa menurunnya prosentase kelulusan para pelajar adalah akibat pacaran, mereka jarang belajar, karena jalan-jalan terus dengan pacarnya, tidak pernah beli buku (karena uangnya habis untuk berenang-senang).

9. Terjadinya pertengkaran dan pembunuhan, hanya karena rebutan pacar.

10.  Tidak setia dengan pasangannya jika sudah menikah, karena masing-masing ingat dengan pacarnya yang lama, dan selalu membanding-bandingkan antara suami/ istrinya yang syah dengan pacarnya yang lama.

 11. dan dampak negatif lainnya (silahkan ditambahkan lewat ‘coment’)

“Barang siapa yang jatuh cinta, lalu tetap menjaga kesucian dirinnya, menyembunyikan rasa cintanya dan bersabar hingga mati maka dia mati syahid.”

Sungguh sangat beruntung orang yang mencintai dengan kesucian diri dan berlindung dari godaan syatan yang terkutuk. Tentunnya orang yang menjaga cintannya yang suci hingga ia meninggal dunia. Rasullulah SAW juga berpesan;

“Cintailah sesuatu itu dengan biasa-biasa saja, karena boleh jadi suatu saat nanti dia akan menjadi sesuatu yang kamu benci, dan bencilah sesuatu yang tidak kamu ketahui dengan biasa-biasa saja, karena boleh jadi suatu saat nanti dia akan menjadi sesuatu yang kamu cintai (H.R. Bukhari, Abu Daud, Tirmizi, dan Ibnu Majah, dari Abu Hurairah)

 

(sebagiannya diambil dari ini:

http://ahmadzain.wordpress.com/2007/03/31/konsultasi-agama-6/)

56 Comments

  1. Assalaamu’alaikum…

    Salam kenal dari Malaysia. Ternyata yang ditulis itu mengesankan buat semua yang ingin mengambil iktibarnya.
    ====================
    Wa’alaikumsalam..
    Salam kenal kembali dari Indonesia. Terimakasih sudah berkunjung ke blog saya.

  2. seharusnya dapat membukakan mata.. orang” yg lagi pacaran..
    emang pacaran banyakan negatifnya.. positifnyatu cuma 1%.. kali.. gag tau dari segi mana..
    law negatifnya ya seperti yg di atas..

  3. betul… saat ini saya sedang mengalaminya. sebenernya ingin disegerakan aja menikah, supaya jauh dari yang ada di artikel ini.

    tapi keadaan tidak mengijinkan. ada solusi? saya cenderung kangen terus-terusan nih. walaupun, alhamdulillah… masih bisa ndak ketemu dulu…
    any advice for me? thank you

  4. yah…………namanya juga anak muda….apalagi d zaman sekarang………………
    kayaknya sulit banget deh ninggalin yang namanya pacaran
    karena jujur za….pacaran sekarang tuh kayaknya dah menjadi salah satu kebutuhan bagi remaja sekarang
    is it right?????????????????????

  5. rasa sesal emg dtg blkangan kak..
    tdnya sy c0ba2 krn trbjuk rayu lingkungan,

    v alhmdlh sy msh dberi pntu hdayah oleh-Nya untk mghndari pacaran,meski hti sy brat krn myakiti se0rang manusia,

    v sy ykin,ada hadiah terindah yg kan Allah kasih dbalik ni mua..

  6. assalmu’alikum
    sebenarnya saya ingin coba pacaran. tapi saya pikir2 buat tahu dulu pacaran menurut islam dan dampak negatifnya.dan setelah tahu,alhamduliilah….saya nggak kepengin dan semoga sa saya nggak akan pernah mencoba.terimakasih,ya pak….
    wassalam

  7. Assalamu’alaikum…
    Ya Allah…Bener bener indah artikelnya..
    setiap kalimat membuat air mataq keluar…

    Astaghfirullah…
    hanya istighfar yg aq bsa ucapkan…

    makasi bgt bwt infox…

    makasi Ya Allah..
    engkau menunjukkan jalan baik untuk_Q…

    Bapak yg terhomat…
    tulis artikel sebanyak banyak_X…
    agar aq bsa membacanya,,,,

    memang aq blom lama berpacaran…
    tp aq da menemukan banyak dampak Negatif yg saya alami dlm berpacaran..

    dg artikel bapak ne…
    insyaallah ana bsa merubah diri saya jd yg terbaik,,,,,

    Amiin….Amiin…Amiin..
    Ya Robbal A’lamiin…^_^

  8. Assalamu’alaikum…
    Ya Allah…Bener bener indah artikelnya..
    setiap kalimat membuat air mataq keluar…

    Astaghfirullah…
    hanya istighfar yg aq bsa ucapkan…

    makasi bgt bwt infox…

    makasi Ya Allah..
    engkau menunjukkan jalan baik untuk_Q…

    Bapak yg terhomat…
    tulis artikel sebanyak banyak_X…
    agar aq bsa membacanya,,,,

    memang aq blom lama berpacaran…
    tp aq da menemukan banyak dampak Negatif yg saya alami dlm berpacaran..

    dg artikel bapak ne…
    insyaallah ana bsa merubah diri saya jd yg terbaik,,,,,

    Amiin….Amiin…Amiin..
    Ya Robbal A’lamiin…^_^

    Wa’alaikumslm………

  9. wah ini bener bener informasi yang bagus, berguna untuk menambal akhlak dan menegaskan pacaran yang sekarang menjadi sesuatu yang biasa adalah yang mendatangkan mudharat bagi kawula muda. terimakasih atas informasinya, semoga anda mendapat balasan yang setimpal dari Allah swt. Amin

  10. ya Allah…
    smoga sya bsa mngambil hkmah dri smua yg sdah pk uraikan d atas,,
    mmang kbxakn anak mda jman skarang bgtu adax, prnah terlintas d fkiran saya untuk meniru mrka,
    alhmdlillah, krna sring mmbaca bku ttng agma,
    fkiran tuh hilang,

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s