Sibuk Vs Semangat

Sibuk. Seringkali kata ini begitu mudah  menjadi sebuah alasan bagi kita untuk tidak melakukan suatu hal. Begitu pula diriku, terpaksa harus mengkambinghitamkan kesibukan sebagai alasan tidak menulis blog atau artikel selama beberapa minggu ini. Padahal alasan sebenarnya bukan itu. Kalau ada kemauan, sesibuk apapun tidak menghalangi seseorang untuk menulis. Satu dua menit di sela-sela kesibukan pastilah ada waktu sedikit untuk menuangkan ide yang melintas di pikiran. Namun ide juga tidak selalu muncul sesuai dengan kemauan. Kadang ia muncul justru saat diriku berada pada puncak kesibukan. Tak jarang malah menghilang saat ada waktu senggang untuk menuliskannya.

Seperti minggu lalu, saat ada kisah menarik dari seorang kawan yang layak ditayangkan di blog, diriku masih berjibaku dengan urusan persiapan UAS (Ulangan Akhir Semester). Sebagai seorang guru yang mengajar 3 angkatan sekaligus, tentu butuh waktu lama bagiku untuk membuat soal. Belum lagi diriku juga ikut bergabung dengan kepanitiaan UAS, yang mau tidak mau harus turut membantu pekerjaan ketua panitia.

Minggu ini, jelas menjadi puncak kesibukan bagi para panitia UAS. Setiap malam kami harus mempersiapkan soal, lembar jawab, dan berita acara untuk pelaksanaan UAS keesokan harinya. Minimal jam 10 malam kami baru bisa merebahkan badan ke tempat tidur. Itu belum ditambah pekerjaan koreksi ratusan lembar jawab bagi panitia yang juga menjadi guru mata pelajaran. Ah, alih-alih menyempatkan diri untuk menulis. Untuk tidur saja diriku merasa masih sangat kurang.

Semangat. Barangkali kata ini yang bisa menjadi pengimbang kata yang pertama tadi. Sesibuk apapun seseorang, kalau yang bersangkutan masih punya semangat tentu ia bisa melakukan sesuatu di luar kesibukannya. Seperti kejadian yang kualami siang tadi, saat seorang satpam memberitahu bahwa diriku mendapatkan wesel dari sebuah majalah lokal di Kabupaten Kuningan. Hmm.. Sepertinya artikelku dimuat di majalah tersebut. Entah kenapa setelah wesel itu kuterima tiba-tiba semangat menulisku kembali membara. Semangat itu pun akhirnya membatalkan rencana tidur siangku demi mengisi blog yang sekian lama terbengkalai. Yach, semoga semangat ini bisa membangkitkan ideku-ideku yang sempat menghilang ditelan kesibukan.

1 Comment

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s