Fieldtrip OXIGEN (Angkatan 6 Al-Multazam)_1

Efektifitas kerja. Itulah kata  yang terjadi di balik pelaksanaan fieldtrip kali ini. Berawal dari tuntutan anak-anak (murid) untuk mengadakan fieldtrip sebelum pelaksanaan UAS, beberapa wali kelas pun akhirnya sepakat untuk mengadakan fieldtrip ke Garut.  Hanya koordinasi informal yang membuahkan beberapa keputusan penting dalam pelaksanaan fieldtrip kali ini. Rapat khusus persiapan fieldtrip pun hanya sekali, beberapa jam menjelang pemberangkatan. Maklum, seluruh wali kelas adalah pasangan muda yang masing-masing sibuk dengan agenda pribadi. Bila tidak bisa menyiasati, tuntutan untuk segera melaksanakan studi wisata barangkali akan tertunda.

Demi kemudahan, kami memutuskan untuk bekerjasama dengan agen perjalanan dalam pelaksanaan fieldtrip kali ini. Sedikit mahal memang,  tetapi mempermudah pekerjaan. Bapak Ibu guru tidak perlu lagi susah-susah survei tempat, beli tiket, sewa bus, dan berbagai persiapan lain. Cukup datang pada saat yang ditentukan dan mengawasi anak-anak di lokasi fieldtrip, sembari memberikan penjelasan bila diperlukan. Singkatnya, lebih hemat tenaga.

Bu Eli segera menghubungi pihak agen perjalanan. Sebagai guru Sejarah, beliau ingat betul catatan sejarah setahun beberapa waktu yang lalu, di mana  Al Multazam pernah menggunakan biro perjalanan pada saat Rihlah Ilmiah. Beliau pun punya alasan untuk tawar menawar harga agar biaya bisa lebih ditekan..hehe. Pak Cecep dengan sigap membuat proposal. Sedikit copy paste juga tak apa lah, yang penting proses editing-nya profesional… Maka dengan proposal itulah, dana anak-anak yang sudah disimpan di bagian keuangan bisa dicairkan. Wali kelas pun bisa bersemangat menyampaikan informasi ke murid-murid kalau fieldtrip jadi dilaksanakan.

Jumat, 11 November 2011 pukul 21.30 diri ini langsung meluncur ke asrama anak-anak. Begitu sampai di asrama, langsung disambut oleh salah seorang murid “Berangkat sekarang Pak?”. Tidak banyak kata-kata yang kuucapkan di sana, tapi seseorang tiba-tiba terdengar. “HOI…. KITA BERANGKAT SEKARANG…..” dan riuh suara pun menyambut malam yang sebelumnya sepi.

Pukul 21.45 anak-anak sudah siap di lapangan. Lebih cepat dari yang diperkirakan. Entahlah, kenapa mereka selalu bersemangat dan tepat waktu bila hendak diajak bepergian jauh…hehe. Pengabsenan, dilanjutkan pelepasan oleh kepala sekolah, lalu doa bersama, dan berangkatlah kami menuju sebuah kawasan indah nan elok di bumi pasundan…..

(ditulis saat menunggu anak kelas XII IPA mengerjakan tugas Bahasa Indonesia di lab komputer)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s